Rosi Desvirika

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
GURU PEMBELAJAR, SEJATINYA ADALAH PELAJAR (Tantangan Gurusiana Hari ke-64)

GURU PEMBELAJAR, SEJATINYA ADALAH PELAJAR (Tantangan Gurusiana Hari ke-64)

Profesi guru merupakan garda terdepan di dunia pendidikan. Menjalani profesi sebagai seorang guru tidaklah mudah, karena seorang guru akan mengajar generasi-generasi yang akan berbeda karakternya sesuai dengan perkembangan zaman. Untuk dapat menjadi guru yang profesional, sudah selayaknya guru selalu meningkatkan kompetensinya. Belajar dan terus belajar mengikuti perkembangan zaman. Bukan karena keterpaksaan, tapi karena sebuah kewajiban dan rasa tanggung jawab. Guru yang enggan untuk membuka diri pada perkembangan zaman akan merugikan generasi penerus bangsa ini.

Dalam meningkatkan kompetensi sebagai guru, bisa dilakukan dengan banyak cara. Selain dengan banyak membaca dan menulis, perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini juga bisa dimanfaatkan guru untuk belajar. Banyak pelatihan-pelatihan dengan tema pendidikan yang bisa diikuti guru. Kala Pandemi covid 19, webinar-webinarpun begitu banyaknya berseliweran di media sosial. Media Guru Indonseia adalah salah satu wadah untuk guru dalam belajar. Tidak ada alasan untuk tidak belajar, karena sejatinya guru adalah pembelajar. Guru pembelajar adalah guru yang terus menerus belajar untuk meningkatkan kompetensinya. Jika seorang guru berhenti untuk belajar maka pada saat itu ia pun berhenti menjadi seorang guru. Kualitas seorang guru juga akan meningkat dengan belajar dan membuka diri dengan hal-hal baru menyangkut pendidikan. Guru yang mau belajar akan bisa menciptakan pembelajaran yang baik dan luar biasa di sekolah.

Guru mempunyai andil terbesar dalam mempengaruhi siswanya untuk berhasil mencapai kompetensi sesuai tuntutan kurikulum. Guru yang mau mengupdate diri akan dapat membantu siswa mencapai hasil terbaik dalam pembelajaran. Guru pembelajar adalah yang selalu memperbaiki diri, baik dalam penguasaan maupun dalam penyajian materi.

Guru Pembelajar hendaklah menghindari mengucapkan 3 Kalimat di bawah ini :

1. Saya tidak bisa (I can’t)

Jika seorang guru mengatakan tidak bisa, maka pintu pikirannya tertutup untuk mencari jalan dan mencoba. Tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak guru yang berucap “saya tidak bisa” dengan alasan yang berbeda-beda. Katakanlah saya bisa, maka otak akan bekerja mencari jalan penyelesaian. Sesuatu yang mulanya tidak bisa akan menjadi bisa kalau mau belajar.

2. Tidak Mungkin (Impossible)

Ucapan “tidak mungkin” dari bibir seorang guru akan menutup berbagai pintu keajaiban, sulit meraih sesuatu yang hebat, karena hampir segala sesuatu yang kita nikmati hari ini adalah mustahil di hari kemaren. Selalu ada jalan setiap hari bagi orang yang percaya. Di zaman yang serba canggih ini asalkan mau belajar, tidak ada yang tidak mungkin.

3. Saya sudah tahu (I Know)

Kalimat ini mempunyai makna kesombongan. Dan dampaknya akan menutup pintu pembelajaran. Tidak akan ada usaha dari siapa saja yang mengucapkan kalimat "Saya sudah tahu" ini, untuk mempelajari hal-hal baru. Apapun yang telah diketahui, hanyalah secuil dari luasnya perkembangan Ilmu pengetahuan di jagad raya ini.

Marilah kita sama-sama belajar untuk masa depan generasi penerus bangsa tercinta ini. Jangan pernah lelah, banyak jalan untuk kita meningkatkan pengetahuan kita. Selalu semangat dan yakinkan diri kalau kita pasti bisa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren. Sangat mencerahkan.

04 Jul
Balas

Terimakasih pak

04 Jul

Sangat informatif dan memotivasi, Bu. Super keren

04 Jul
Balas

Terimakasih Bu.

04 Jul

Keren dan super. Semoga tulisannya lolos yaa.

04 Jul
Balas

Terimakasih Bu. Aamiin

04 Jul

Guru harus berani jujur saya belum tahu... Terimakasih telah berkunjung ke sriyonospd.gurusiana.id

04 Jul
Balas

Terimakasih pak.

04 Jul

Betul, keren, mantul

04 Jul
Balas

Terimakasih bu

04 Jul

Kerennnn.. Mantaapp

04 Jul
Balas

Terimakasih bunda.

04 Jul

Menambah pengetahuan, mantap Bu cantik, sehat dan sukses selalu

04 Jul
Balas

Terimakasih Bu. Aamiin.

04 Jul

Keren...nambah wawasan nih

05 Jul
Balas

Keren bu. Sangat inspiratif. Salam

04 Jul
Balas

Terimakasih Bu. Salam

04 Jul

Kerenn bu, sukses selalu

04 Jul
Balas

Terimakasih bu, Aamiin.

04 Jul

Keren, pencerahanny...trimkasih

04 Jul
Balas

Terimakasih Bu. Sama-sama.

04 Jul

keren bu ulasannya

06 Jul
Balas

Setuju Bu dengan 3 hal yang tidak boleh diucapkan guru.. Keren artikelnya..

04 Jul
Balas

Terimakasih Bu

04 Jul

Mencerahkan...keren bu

04 Jul
Balas

Terimakasih pak.

04 Jul

Sipp.. terima kasih pencerahannya

04 Jul
Balas

Terimakasih Bu. Sama-sama.

04 Jul

mantap.,.guru juga pelajar...suka bu...itu, impossible, ..kurang es satu

04 Jul
Balas

Terimakasih pak, ntar ditambahin s nya.

05 Jul

Mantap surantap tulisannya bu. Semoga sukses menjadi salah satu pemenang lomba. Aamiin.

04 Jul
Balas

Terimakasih, Aamiin.

04 Jul

Mantap surantap tulisannya bu. Semoga sukses menjadi salah satu pemenang lomba. Aamiin.

04 Jul
Balas

Mantap surantap tulisannya bu. Semoga sukses menjadi salah satu pemenang lomba. Aamiin.

04 Jul
Balas

Mantap surantap tulisannya bu. Semoga sukses menjadi salah satu pemenang lomba. Aamiin.

04 Jul
Balas

Keren, Bu. Semoga ibu sehat dan makin sukses dalam berkarya aamiin

04 Jul
Balas

Terimakasih Bu. Aamiin aamiin ya rabbal alamin.

04 Jul

Guru hrs optimisSmgaat bun...smg sukses

04 Jul
Balas

Semangat Bu.

04 Jul

Mantap sekali

04 Jul
Balas

Terimakasih

04 Jul

Mantapz bu

05 Jul
Balas

Terima kasih infonya cekgu salam santun dan sukses selalu

04 Jul
Balas

Sama-sama Bu, salam sukses.

04 Jul

Keren say...

04 Jul
Balas

Terimakasih unsay.

04 Jul

Mantap tulisannya, sukses selalu untuk Bunda. Sdh sy follow bunda

04 Jul
Balas

Mantab,Bu. Terima kasih ulasannya.

04 Jul
Balas

Terimakasih Bu.

04 Jul

Keren Bu salam literasi. follow balik ya kita bersahabat

04 Jul
Balas

Terimakasih Bu, sudah saya follow.

04 Jul

Terimakasih pencerahannya

04 Jul
Balas

Sama-sama

04 Jul

Mantap bu.

04 Jul
Balas

Terimakasih Bu.

04 Jul

alhamdulilah menambah inspirasi

04 Jul
Balas

Alhamdulillah.

04 Jul



search

New Post